Saturday 27 October 2012

Contoh sambutan/ pidato ulang tahun

Memaksimalkan Makna dan Meminimalisir Biaya

Assalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh.
Marilah kita mengucapkan syukur kehadirat Allah SWT. Atas limpahan rahmat serta hidayah-Nya sehingga kita dapat hadir di sini dalam keadaan sehat walafiat. Pada kesempatan ini, saya selaku perwakilan dari tamu undangan, mengucapkan terima kasih kepada Evi sekeluarga yang telah berkenan mengundang kami dalam acara peringatan hari ulang tahun ketujuh belas Evi Ismi Azizah.

Rekan-rekanku yang berbahagia,
Seperti yang kita ketahui, hari ini rekan kita Evi genap berusia tujuh belas tahun. Di mana usia tujuh belas tahun sering disebut masa keemasan. Mari kita mengucapkan selamat ulang tahun kepada rekan kita, Evi Ismi Azizah semoga panjang umur dan sehat selalu. Amin ya rabbal alamin.

Rekan-rekanku yang berbahagia,
Hari ulang tahun adalah hari di mana kita memperingati hari kelahiran. Banyak orang yang merayakan hari ulang tahunnya dengan mengundang teman atau orang tersayang untuk makan bersama atau berpesta. Sebenarnya perayaaan ulang tahun tidak harus dirayakan dengan berpesta, karena ketika kita berpesta, kita harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. Apalagi harga barang saat ini tengah meroket tajam, sehingga pengeluaran kita juga bertambah. Akan sangat ironis ketika kita terlanjur mengeluarkan dana yang banyak, namun makna dari hari ulang tahun tersebut tidak ada.

Bukan berarti perayaan ulang tahun seperti ini dilarang, Akan tetapi, jika kita mampu memaknainya dengan hal-hal yang lebih bermanfaat, tentu saja biaya yang kita keluarkan tidak sia-sia. Misalnya merayakan hari ulang tahun bersama anak yatim piatu di sekitar kita. Betapa bahagianya mereka diundang dalam acara seperti ini. Selain itu, kita mendapatkan pahala yang berlimpah. Karena saat kita memberi makan anak yatim, hal itu dicatat sebagai sedekah.


Allah telah berfirman bahwa harta kita tidak akan berkurang karena sedekah, tetapi justru dilipatgandakan. Selain itu, biaya yang kita keluarkan lebih sedikit, karena kita tidak perlu mendekor ruangan yang sangat meriah. Asal kita mengundang mereka dengan ikhlas mereka sudah bahagia.

Rekan-rekanku,
Mari kita bersama-sama memaknai hari ulang tahun dengan hal-hal yang positif. Semoga ulasan ini dapat dijadikan renungan agar lebih peduli kepada lingkungan sekitar, memaksimalkan makna , sehingga kita dapat meminimalisir biaya. Demikian sambutan saya, apabila ada kesalahan saya mohon maaf. Terima kasih atas perhatiannya.
Wassalamualaikum Wr. Wb.


Disusun oleh: Okta Prisma Dyanti
(XI-IA2/34)


6 comments:

  1. Singkat, padat dan berisi.
    Bisa dijadikan acuan saat berpidato nih.
    terima kasih

    ReplyDelete
  2. baguss sekali.. aku suka :)

    ReplyDelete
  3. Iya sama-sama. kita di sini berbagi ilmu

    ReplyDelete
  4. makasiih ya... ini bnar* yg bisa bantu aku bkin tugas pidato :)

    ReplyDelete