Thursday 12 April 2012

REMAJA dan PAKAIANNYA

Gimana sih penampilan remaja saat sekolah di era ini??? Keterlaluan tepatnya. Seperti yang kita liat akhir akhir ini penampilannya sungguh memalukan.. sekolah apa arisan ya??:D
Di Blitar saja, dapat kita lihat sendiri, banyak siswi berpenampilan aduhai, bak penyanyi kafe.. hee... Bajunya ketat alias press body, Roknya itu dibuat melorot. Entah tujuan apa? (Buat nunjukin punya body aduhai mungkin). Haduh,,, make upnya itu,, ndeso banget. Pake foundation yang tebel, trus bedaknya tebel (mungkin satu toko dipakai semua ya???) hehe.., trus rambutnya yang di smoothing ntah rebonding itu,, digerai panjang banget. (Kuntilanak ya...). haduh haduh!!
Habis itu,, yang cowok, bajunya dikeluarkan, celananya dibuat model skinny jeans gitu(alias celana pensil) terus melorot juga, rambutnya acak-acakan panjang, kadang ada juga yang dicat warna kuning keemasan agak orange gitu.. Nah,,, ironi banget,, saat saya menemui seorang siswi berjilbab, yang berpenampilan sama kacau dengan yang saya sebut di atas. Memang berjilbab, tapi rok dan bajunya ketat. Haduh, make upnya juga tuebel kayag mau arisan. Hahaha...
Diakui, remaja memang masa pubertas, masa untuk mencari perhatian dari lawan jenis. Berbagai cara dilakukan, diantaranya dengan berpenampilan yang seperti di atas. Sungguh memalukan. Sekolah adalah tempat menuntut ilmu, bukan tempat(maaf)menjual diri. Seharusnya mereka bisa menempatkan diri dengan baik, berpenampilan sewajarnya sebagai anak sekolah. Tidak neko-neko kayak mau kencan saja.
Penampilan mereka ini akan merusak moral kaum muda Indonesia. Meningkatkan dosa negara Indonesia. Mengapa demikian?? Berdasarkan pandangan agama Islam. Apabila seorang wanita memakai pakaian yang menunjukkan aurat mereka, tentu hal ini mengundang setan(nafsu syahwat). Seorang wanita diwajibkan untuk menutup aurat mereka. Tujuannya adalah untuk menghindarkan mereka dari kejahatan, baik kejahatan nafsu, maupun dari kejahatan kriminal.
Dari penampilan ini, tak ayal banyak kasus pemerkosaan, pelecehan seksual, jambret dsb. Mengapa??? Penampilan mereka sendiri yang mengundang para pelaku kejahatan. Coba dehh, kalo mereka gak berpenampilan seksi? Tentu pelaku kejahatan juga gak doyan.
Selain itu, penampilan mereka ini akan merusak generasi di bawahnya. Anak-anak memiliki kecenderungan untuk meniru apa yang mereka lihat dan apa yang tengah ngetrend di lingkungannya. Maka, sangat mungkin, generasi berikutnya meniru gaya pakaian ini bahkan akan lebih parah sesuai perkembangan jaman globalisasi ini.
Apa yang harus dilakukan untuk mencegah dan menanggulanginya????
1. INDIVIDU
Renaja harus bisa mengendalikan dirinya dari godaan setan serta godaan meniru gaya berpakaian artis artis barat. Membentengi diri dengan meningkatkat keimanan pada TUHAN YME.
2. PIHAK KELUARGA
Orang tua harus memberi perhatian pada anak. Memperhatikan penampilan mereka serta pergaulan mereka. Menasehati tiap gerak-gerik anaknya yang kurang sesuai dengan moral pancasila dan agama. Mendekatkan anaknyakepada Tuhan YME.
3. PIHAK SEKOLAH
Sekolah lebih memperketat TATA TERTIB SEKOLAH. Mengatur gaya berpakaian siswa-siswinya. Mengadakan sosialisasi kepada siswa-siswinya mengenai penampilan dan tindakan menghadapi arus globalisasi negatif yang telah merusak mental remaja.

4. LINGKUNGAN MASYARAKAT
Masyarakatharus menciptakan kondisi lingkungan yang bermoral. Memberikan suatu lingkungan kondusif bagi remaja. Yaitu lingkungan yang kuat agama, sehingga masyarakat tertib, memiliki bekal untuk menjaga diri dan berpenampilan.
5. PUBLIC FIGURE
Public figure adalah orang yang sering menjadi inspirasi remaja dalam berpakaian. Mereka harus berpenampilan yang sopan. Agar fans mereka juga mengikuti gaya mereka itu.

Hal hal di atas adalah beberapa kenyataan yang ada di lingkungan sekitar kita. Kita harus turut serta menanggulanginya. Agar moral dan mental generasi penerus bangsa kita ini sukses meneruskan cita-cita bangsa.

No comments:

Post a Comment