Wednesday 19 September 2012

BERKAH ETTAWA GOAT FARM

Since 2011, in purwokerto village, there was a new goat farm, named BERKAH ETTAWA GOAT FARM. You can see in Purwokerto, RT 02/RW VII Srengat, Blitar, East java.

Aah.. rempong ngomong pake bahasa inggris. Gini nih ini usaha milik bapak saya/ ayah saya/ my father/my daddy hahaha.. bersama beberapa temannya. Usaha ini dirintis sebagai anggota dari ASOSIASI PETERNAK KAMBING (ASPEK)BLITAR. Nah, di Berkah ettawa goat farm, masih blum besar-besar bget sih kelompok ini, cuman.. kelompok peternak ini dibimbing oleh sarjana peternakan dan juga para BIG BOSS peternakan lainnya. Agenda kegiatannya bermacam-macam. Mulai dari kumpul tiap sebulan sekali pada hari rabu awal bulan membahas masalah pencarian dana buat memajukan BERKAH ETTAWA GOAT FARM.

Then, kelompok ini membudidayakan olah pakai.Yaitu kandang kambing ini dirancang khusus sehingga antara kotoran kambing dengan air seninya itu terpisah. Tujuannya apa? Tujuannya sih biar mudah pengambilannya. Kotoran kambing ini dikumpulkan dibeli masyarakat untuk dijadikan pupuk organik. Air seninya digunakan untuk pupuk juga. Selain itu, juga di sini menjual susu kambing ettawa murni dengan harga Rp.25.000-30.000. Selain itu ada sentrat ternak yang dijual dengan harga 3000 rupiah per kilogramnya.

BERKAH ETTAWA GOAT FARM juga melaksanakan jual beli kambing dan anaknya dengan harga nego, bisa pilih sendiri. Kelompok ini juga menyediakan penyewaan kambing jantan untuk dikawinkan. Namun hal ini bergantung pada kambingnya. Terkadang kambing di BERKAH ETTAWA GOAT FARM bisa memilih betina mana yang ingin dikawini. Hihihi lucu banget yah...

No comments:

Post a Comment